News ART Stake

Terbaru

9 Proyek Teknologi Paling Ambisius Dalam Sejarah

Gambar terkait
Proyek Teknologi Paling Ambisius Dalam Sejarah – Bukan rahasia bahwa teknologi dan orang-orang yang membangunnya telah membuat beberapa kemajuan yang cukup mengesankan selama bertahun-tahun, tetapi sementara itu ada banyak kemajuan tambahan yang lebih kecil yang mengubah hidup kita dalam beberapa cara kecil, dan ada juga beberapa proyek teknologi mega raksasa yang membantu mengubah dunia di sekitar kita.
Apakah itu roket ke ruang angkasa, menyatukan kita semua, membangun bangunan yang menakjubkan, atau menjawab pertanyaan mendasar tentang siapa kami dan dari mana kami berasal, inilah pilihan kami untuk sembilan proyek teknologi paling ambisius dalam sejarah.
European X-ray Free-Electron Laser (European XFEL)
proyek teknologi
Heiner Müller-Elsner/European XFEL
Proyek teknologi terbaru pada daftar ini, XFEL Eropa – alias laser X-ray yang menghasilkan gambar paling kuat di dunia – secara resmi dibuka untuk bisnis di Jerman pada bulan September. Laser raksasa yang terletak 125 kaki di bawah tanah, di terowongan sepanjang 3,4 kilometer di bawah kota utara Hamburg, XFEL mampu merekam gambar reaksi biokimia saat terjadi.
Profesor Christian Bressler, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini, mengatakan proyek tersebut dikerjakan dan berharap untuk mendapatkan pemahaman baru tentang langkah-langkah mendasar dari reaktivitas kimia yang muncul.
Bendungan Tiga Ngarai
Proyek Teknologi Paling Ambisius Dalam Sejarah
Bendungan hidroelektrik terbesar di dunia, Dam Tiga Ngarai Cina menghabiskan dana $ 37 miliar untuk membangun, dan menghasilkan 11 kali kekuatan Bendungan Hoover Amerika. Membentang 410 mil di Sungai Yangtze di Provinsi Hubei China, bendungan itu dibuka pada tahun 2003 setelah proses konstruksi selama satu dekade. Tahun lalu, itu menghasilkan 93.500 TWh (Tera watt hours), sedikit kurang dari rekor tahun 2012 yaitu 98.100 TWh.
Namun, meskipun merupakan contoh rekayasa skala besar yang mengejutkan, Bendungan Tiga Ngarai juga telah menjadi kontroversi – paling tidak karena membangunnya mengungsi lebih dari 1 juta penduduk setempat.
Program Luar Angkasa Apollo
Setiap item dalam daftar ini adalah contoh kekuatan teknologi dalam tindakan. Namun, tidak ada jeritan “kita hidup di masa depan” seperti hasil program luar angkasa Apollo tahun 1960-an , yang pencapaian puncaknya menempatkan manusia di Bulan pada 20 Juli 1969. Secara keseluruhan, enam misi Apollomendarat di Bulan antara 1969 dan 1972. ( Apollo 13 seharusnya , tetapi gagal karena kerusakan pesawat ruang angkasa.)
Prestasi yang menjulang bagi umat manusia, misi Apollo adalah pendahulu bagi eksplorasi ruang angkasa yang berlanjut di tahun-tahun sesudahnya , dan tetap menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang.
Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS)
Memilih hanya dua proyek mega yang terkait dengan ruang angkasa untuk daftar ini tidaklah mudah. Tetapi tidak ada pilihan lain yang memungkinkan untuk poin kedua daripada Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Diluncurkan pada 1998, dan dibangun oleh 14 negara berbeda yang bekerja bersama, ISS mewakili zaman baru dalam penelitian ruang kolaboratif setelah berakhirnya Perang Dingin.
Dengan biaya besar hingga mencapai $ 150 miliar, itu adalah karya buatan manusia terbesar yang pernah diluncurkan ke ruang angkasa, dan bahkan terlihat dari Bumi dengan mata telanjang. Prestasi yang mengejutkan.
DARPA’s CALO Project Artificial Intelligence
Disponsori oleh Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS (DARPA), CALO adalah proyek lima tahun 500 orang yang berlangsung antara 2003 dan 2008. Nama proyek itu singkatan dari Asisten Kognitif yang Belajar dan Berorganisasi. Tujuannya adalah untuk menyatukan berbagai aspek yang berbeda dari kecerdasan buatan termasuk pembelajaran mesin, representasi pengetahuan dan pengolahan bahasa alami untuk membangun alat AI untuk militer.
Salah satu proyek teknologi penting yang dihasilkan dari proyek ini? Lahirnya asisten virtual Siri , yang diluncurkan oleh Apple pada tahun 2011. Jika Anda pernah bertanya-tanya dari mana kami mendapat teknologi AI yang memungkinkan Anda berbicara dengan komputer dan mendapatkan jawaban informatif, itu adalah DARPA yang perlu Anda ucapkan terima kasih.
Proyek Genom Manusia (HGP)
Photo Credit: [Darryl Leja, NHGRI]
Berlari dari 1990 hingga 2003, Proyek Genom Manusia (HGP) adalah sebuah proyek penelitian ilmiah internasional yang ditetapkan untuk menyusun dan memetakan DNA manusia; memungkinkan kita untuk membaca cetak biru alam untuk membentuk manusia.
Terima kasih sebagian untuk Proyek Genom Manusia, hari ini siapa pun dapat memiliki susunan genetik mereka yang diurutkan hanya untuk beberapa ribu dolar – membuka banyak kemungkinan untuk hal-hal seperti obat proaktif yang disesuaikan dengan individu.
Large Hadron Collider (LHC) CERN
Terletak 300 kaki di bawah tanah di perbatasan Swiss dan Perancis, Large Hadron Collider (LHC) adalah akselerator partikel terbesar dan terkuat di dunia. Biaya $ 9 miliar untuk membangun, dan pertama diaktifkan kembali pada tahun 2009, LHC adalah cincin superkonduktor 27 kilometer yang dirancang untuk membantu membongkar rahasia di balik … baik, hampir semuanya berkaitan dengan fisika energi tinggi.
Untuk mencapai ini, ia menghancurkan partikel-partikel kecil yang hampir tak terbayangkan satu sama lain pada kecepatan yang sangat tinggi dalam upaya untuk mensimulasikan kondisi yang ditemukan di alam semesta kita pada saat Big Bang. Jadi seperti truk monster untuk fisikawan, kalau begitu.
Proyek Manhattan
Tidak ada proyek teknologi lain dalam daftar ini – termasuk pendaratan di Bulan dan penciptaan internet – telah membentuk dunia untuk sebagian besar Proyek Manhattan . Sebuah proyek R & D raksasa yang dipimpin oleh Amerika Serikat antara 1942 dan 1946, Proyek Manhattan menarik karya perintis yang melibatkan fisika nuklir dan kimia untuk membangun bom atom pertama di dunia.
Senjata yang dihasilkan membantu mengakhiri Perang Dunia II, biaya ratusan ribu jiwa, dan selamanya mengubah jalannya politik internasional dan peperangan.
Itulah proyek teknologi yang mengubah sejarah dan penuh ambisius dari para pencetusnya, kalau Anda punya komentar atau saran silahkan komentar dibawah..